Jumat, 22 April 2011

Tugas Mata Kuliah Landasan Pendidikan Sekolah Dasar










Disusun oleh:

Marlisa Dwi Kristianingsih 101134189/2C

Andreas Erwin Prasetya 101134190/2C

Siti Cholifah 101134200/2C



Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Jurusan Ilmu Pendidikan

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Sanata Dharma

YOGYAKARTA

2011



BAB I

PENDAHULUAN

  1. LATAR BELAKANG MASALAH

Belajar merupakan salah satu kebutuhan hidup manusia yang vital dalam usahanya untuk mempertahankan hidup dan mengembangkan dirinya dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Dirasakannya belajar sebagai suatu kebutuhan yang vital karena semakin pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menimbulkan berbagai perubahan yang melanda segenap aspek kehidupan dan penghidupan manusia. Tanpa belajar, manusia akan mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan tuntutan hidup, kehidupan dan penghidupan yang senantiasa berubah. Dengan demikian belajar merupakan suatu kebutuhan yang dirasakan sebagai suatu keharusan untuk dipenuhi sepanjang usia manusia, sejak lahir hingga akhir hayatnya. (Syamsu Mappa, 1994: 1)

Oleh karena itu, manusia harus tetap belajar demi masa depannya sendiri. Dalam belajar tentu saja manusia mempunyai cara-cara sendiri. Ada yang lebih cepat belajar dengan mendengarkan, menulis, praktek langsung (trial and error), atau melihat. Walaupun begitu, menurut Piaget setiap manusia mempunyai pola perkembangan yang sama dan di dalamnya terdapat masa keemasan manusia itu sendiri.

  1. RUMUSAN MASALAH

  2. TUJUAN

Tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai berikut:

  1. Untuk memenuhi tugas Tengah Semester mata kuliah Landasan Pendidikan Sekolah Dasar.

  2. Calon guru dapat membedakan pola-pola penalaran siswa dalam belajar.

  3. Calon guru dapat menggunakan metode belajar yang tepat untuk megajar muridnya.




BAB II

ISI


BAB III

PENUTUP


DAFTAR REFERENSI










0 komentar: